A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Berau
Hot News :
KEPALA DINAS

Drs. BASRI SAHRIN

LINK TERKAIT
Peningkatan Jalan Menuju Wilayah Pesisir Selatan

TANJUNG REDEB - Program peningkatan jalan kampung terus menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. termasuk menghubungkan Kampung Teluk Sumbang yang berada di ujung selatan Kecamatan Bidukbiduk.

Kampung terjauh di pesisir selatan Berau ini memang harus ditempuh melalui jalur laut. Meskipun sudah ada badan jalan darat, namun kondisinya belum terlalu baik. Peningkatan jalan darat ini pun menjadi harapan masyarakat setempat.

Seperti disampaikan Kepala Kampung Teluk Sumbang, Abdul Karim, menyebutkan pembangunan jalan darat ini menjadi harapan masyarakat. Pasalnya jarak tempuh melalui jalur darat lebih singkat. Bahkan dengan jalan yang dibuka perusahaan saat ini ada masyarakat yang melintasi. Meskipun harus melalui bukit tinggi dan terkadang jalan disamping jurang. "Ini yang menjadi harapan masyarakat agar jalan darat ini bisa ditingkatkan," ucapnya

Menindaklanjuti usulan tersebut,  Pemkab Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) tahun ini telah memulai menyusun perencanaan peningkatakan jalan menuju Teluk Sumbang. Selain perencanaan juga disusun studi kelayakan yang anggarannya mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim). "Tahun ini kita sudah anggarkan perencanaan dan juga studi kelayakan, nanti dari perencanaan ini kita bisa mengambil langkah memulai peningkatakan," jelas Kepala DPU Berau, Taupan Madjid, melalui Kepala Seksi Peningkatakan Jalan DPU, Junaidi.

Tahapan perencanaan dan studi kelayakan sudah dalam tahap pelelangan melalui layanan pengadaan secara elektronik. Perencanaan ini dikatakannya akan menjadi gambaran umum dari kondisi jalan sepanjang kurang lebih 33 kilometer tersebut. Pasalnya dijelaskan Junaidi, kondisi jalan yang ada saat ini ada yang cukup berat, seperti tanjakan tinggi dan juga jurang. Sehingga kemungkinan dibangun badan jalan baru atau memotong tanjakan yang ada. "Nanti itu semua akan tergambar dalam perencanana, karena jalan yang dibangun juga harus memberikan kemudahan kepada masyarakat," jelasnya.

Namun beberapa bagian jalan yang memang sudah bagus dan melintas di area perkebunan masyarakat akan bisa dipertahankan. Selain itu dijelaskan Junaidi kawasan pada jalan yang dilintasi juga harus dipastikan. meskipun informasi yang diperoleh jalan yang ada tidak melintas di kawasan budidaya kehutanan (KBK). "Tapi tetap harus kita pastikan, agar benar benar tidak di KBK, karena kalau di KBK harus ada ijin pinjam pakai," jelasnya.

DPU menarget tahun 2016 mendatang sudah bisa mengusulkan untuk memulai pembangunan fisik. Tidak hanya anggaran kabupaten, namun dengan perencanaan yang ada nantinya juga diusulkan ke provinsi juga ke pemerintah pusat. (hms4/app)

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang kemajuan pembangunan Kabupaten Berau tahun mendatang?
Sangat Maju
Maju
Kurang
Tidak sama sekali

HASIL POLLING
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 61772 kali
GALERI
BERITA TERBARU