A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Berau
Hot News :
KEPALA DINAS

Drs. BASRI SAHRIN

LINK TERKAIT
Anggaran DAK TA 2015 Bidang Infrastruktur untuk Jawa & Kalimantan Menjadi Rp 2,88 T

Alokasi DAK Tahun Anggaran 2015 khusus untuk bidang infrastruktur mencapai untuk Jawa dan Kalimantan meningkat menjadi  2,88 triliun yang meliputi 157 prov/kab/kota penerima DAK. Alokasi ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu Rp. 2,6 Triliun.

Demikian dipaparkan oleh Staf Ahli Menteri PU Bidang Keterpaduan Pembangunan Danis H.  Sumadilaga saat membacakan sambutan mewakili Sekretaris Jenderal Kementerian PU-Pera dalam acara Sosialisasi Petunjuk Teknis dan Konsultasi Program Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Infrastruktur Tahun 2015 untuk Jawa dan Kalimantan di Semarang, 13-14 November 2014.

Secara nasional anggaran DAK TA 2015 berdasarkan pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang APBN TA 2015 beserta Nota Keuangannya, adalah sebesar Rp. 35,82 Triliun untuk 14 bidang, tutur Danis.

Khusus untuk bidang infrastruktur, anggaran mencapai Rp 11,66 triliun, yang terdiri atas DAK reguler Rp 10,09 triliun dan DAK Tambahan infrastruktur untuk daerah tertinggal dan kawasan perbatasan sebesar 1,57 triliun.

“Alokasi DAK Bidang Infrastruktur yang meliputi Subbidang Jalan, Irigasi, Air Minum, dan Sanitasi senantiasa mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dengan rata-rata persentase peningkatan hingga tahun 2015 sebesar 27,17%,tambah Danis.

Acara ini merupakan tindak lanjut setelah alokasi DAK Tahun 2015 ditetapkan oleh Pemerintah bersama DPR RI pada akhir bulan September 2014.  Peserta Rapat Konsultasi Program yang hadir diantaranya adalah para pejabat Kepala Bappeda dan Kepala Dinas terkait baik Provinsi dan Kabupaten/Kota penerima DAK Bidang Infrastruktur di Pulau Jawa dan Kalimantan dengan jumlah peserta sebanyak 1.054 peserta.

Adapun pembukaan acara diawali oleh laporan panitia oleh laporan Kepala Biro PKLN Kementerian PU-PERA, A. Hasanuddin, sambutan oleh Staf Ahli Menteri PU Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis Sumadilaga, dan sambutan Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sri Priyono selaku tuan rumah mewakili Gubernur Jawa Tengah serta ditandai pemukulan gong sebagai tanda dimulainya acara.

Sementara sesi berikutnya berupa penjelasan dari Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, dengan materi mengenai latar belakang, konsep keuangan dan teknis yang terkait DAK Bidang Infrastruktur serta kebijakan mengenai Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dilanjutkan dengan desk (Konsultasi Program) per subbidang (Jalan, Irigasi, Air Minum dan Sanitasi).  

Dalam kesempatan yang sama, Danis juga menyampaikan bahwa penggunaan alokasi DAK tersebut diharapkan bisa lebih efektif, efisien, akuntabel dan tepat sasaran. Disinggung pula mengenai kedisplinan dalam menyampaikan laporan secara periodik, mengingat laporan kinerja merupakan salah satu indikator penting dalam indeks teknis yang memberikan insentif atau disinsentif bagi daerah dalam pengalokasian DAK

Kegiatan sosialisasi ini sendiri merupakan kali ketiga setelah sebelumnya acara serupa untuk Kawasan Timur Indonesia dilaksanakan di Makassar pada 30-31 Oktober dan untuk Sumatera dilaksanakan di Palembang, pada 6-7 November yang lalu. (wy)

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang kemajuan pembangunan Kabupaten Berau tahun mendatang?
Sangat Maju
Maju
Kurang
Tidak sama sekali

HASIL POLLING
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 61776 kali
GALERI
BERITA TERBARU