Hot News :
KEPALA DINAS

Drs. BASRI SAHRIN

LINK TERKAIT
Perbaikan Jalan Bujangga Tetap Prioritas

TANJUNG REDEB  - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Berau memastikan perbaikan Jalan Bujangga yang amblas Maret 2012 lalu tetap menjadi prioritas. Saat ini sudah ada dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum untuk memulai kegiatan. DPU Berau masih menunggu tahapan proses pengerjaan  badan jalan negara tersebut. Hal itu diungkapkan Kepala DPU, Taupan Madjid kepada media ini, usai mengikuti  sosialisasi pengadaan barang dan jasa pemerintah di Balai Mufakat, Senin (27/1) kemarin.

Diungkapkan Taupan, pihaknya masih akan kembali melakukan konsultasi dengan kementerian pekerjaan umum terkait pelaksanaan kegiatan perbaikan yang sudah dianggarkan pada tahun 2014 ini. Konsultasi tersebut dimaksudkan untuk memastikan tahapan kegiatan dan kepastian tuntasnya perbaikan. Perbaikan ini, dikatakannya, memang kewenangan pusat karena badan jalan ini merupakan jalan negara. Namun jika belum ada kepastian penuntasan, Pemkab Berau berencana mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk mengambil alih. “Kita akan konsultasikan lagi, kalau dikerjakan sampai tuntas kita juga senang. Tapi kalau juga harus menunggu lama juga tidak mungkin dan bisa saja kita usulkan untuk diizinkan memperbaiki,” ungkapnya.

Secara teknis diungkapkan Taupan, perbaikan bisa dilakukan oleh  daerah. Terlebih hasil kajian dari musibah amblasnya badan jalan tersebut sudah diberikan para ahli independen dari beberapa perguruan tinggi. Begitu juga dalam pelaksanaan juga diawali dengan perencanaan yang tahapannya juga dikonsultasikan kepada para pakar yang ahli di bidangnya. “Jadi ya tidak juga mungkin PU langsung menetapkan sendiri. Perencanaan yang ada pun kita harus konsultasikan lagi kepada ahlinya,” tegasnya.

Namun di balik dari musibah amblasnya Jalan Bujangga ini juga memberikan hikmah kepada pesatnya pembangunan di beberapa kawasan yang selama ini belum terbuka. Dicontohkan Taupan, Jalan Pembangunan hingga Jalan Sultan Agung yang awalnya sempit dan sepi dari lalu lintas, kini dilebarkan bahkan dibangun dengan rigid pavement dari menjadi akses utama keluar dan masuk Kota Tanjung Redeb.

DPU juga sudah membuka dan meningkatkan Jalan Tarap hingga tembus Jalan Kedaung yang juga menjadi jalan alternatif. Begitu juga dengan pembangunan ring road II dari bandara hingga ke lokasi rencana pembangunan Jembatan Kelay III di Singkuang, juga dimulai tahun 2014. “Jadi semua itu pasti ada hikmahnya dan kita bisa lihat dengan pertumbuhan pembangunan. Pembukaan jalan yang dulu belum terpikirkan, kini kita mulai bangun tahun ini. Meskipun kita bangun jalan baru, Jalan Bujangga tetap prioritas untuk diperbaiki,” ujarnya. (hms7/one/k10)

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang kemajuan pembangunan Kabupaten Berau tahun mendatang?
Sangat Maju
Maju
Kurang
Tidak sama sekali

HASIL POLLING
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 44793 kali
GALERI
BERITA TERBARU